Jangan Remehkan Masalah Kesehatan Mental Kita

SDM Unggul Indonesia Produktif dalam segi kewirausahaan dan pariwisata desa


“SDM Unggul, Indonesia Produktif dalam segi
 kewirausahaan dan pariwisata Desa”

Di sini saya akan menjelaskan apa itu sumber daya manusia (SDM) , dan apa itu produktif

Apa itu SDM ?

SDM (Sumber daya manusia) adalah individu produktif yang bekerja sebagai pergerakan  suatu organisasi, baik di dalam suatu institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan .

Apa itu Produktif ?

Produktif menurut kamus besar bahasa indonesia adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar)
Beberapa waktu lalu kalian pernah mendengar program Bapak Presiden Joko Widodo yang mengarap sdm unggul indonesia maju ,ada pula menurut  Kamar Dagang dan Industri indonesia (Kadin)  mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang terampil dan berpendidikan untuk menjawab kebutuhan pasar ekonomi di era digital.

      Saya akan menjelaskan SDM unggul ,indonesia produktif dalam segi kewirausahaan dan pariwisata
Menurut saya SDM unggul dalam segi  kewirausahaan atau entherpreuner dan ukm .
Dalam lingkungan pelajar atau perkuliah,beberapa universitas sudah mewajibkan mahasiswannya untuk melakukan kegiatan kewirausahaan dalam mata kuliah entherpreuner,dengan begitu bekal mahasiswa setelah lulus tidak hanya ijasa saja tapi pengalaman berwirausahan yang bisa di kembangkan setelah mereka keluar dari universitas tersebut .
Di era digital seperti ini sangat lebih muda untuk mengembangkan usaha dengan media sosial  seperti facebook,Instagram dan media sosial lainnya .
Ada lagi selain kewirausahaan atau entherpreuner mungkin maknanya sama tapi ini lebih menuju  mencari sebuah modal untuk membuka sebuah usaha dengan cara mengajukan berupa proposal ke pihak atau perusahaan tertentu yang bernama ukm dan Saya akan menjelaskan sedikit tentang ukm.

          UKM adalah kepanjangan dari Usaha Kecil dan Menengah  dan mungkin beberapa orang tidak tau apa itu ukm hanya tau kewirausahaan atau entherpreuner sebenarnya ukm sudah ada sejak dulu ,di Indonesia,bahkan Ukm adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.

Dengan adanya kewirausahaan atau Ukm masyarakat indonesia tidak hanya mengandalkan perusahaan saja jika lulus dari perguruan tinggi nanti ,bahkan mereka bisa mendirikan perusahaan dan mengrekruit orang, dengan demikian pengangguran di inonesia mungkin akan sedikit berkurang ,tingal kita tunggu saja kebijakan dan dukungan dari pemerintah untuk memberikan pelatihan dan modal .


 


           





      Dan saya akan sedikit menjelaskan Pengembangan SDM di daerah  pedesaan atau pedalaman yang harus di  prioritas dan  di perhatikan oleh pemerintah. Namun, dalam pengembangan suatu SDM di pedesaan itu perlu disesuaikan dengan kondisi  masyarakat yang ada di situ. Kekayaan sumber daya alam, dukungan infrastruktur, kecanggihan kemajuan teknologi, kemampuan pembiayaan yang dibutuhkan untuk mendukung pembangunan masyarakat tidak akan bisa maksimal apabila tidak didukung oleh kemampuan SDM itu.

Gimana sih cara SDM unggul yang produktif di desa atau daerah yang harus di lakukan ?

      Cara mengembangkannya itu, dengan perantara  anak muda atau pelajar di daerah tersebut harus kita terapkan pemikiran kreatif dan inovatif  ,dengan demikian adanya anak muda seperti itu bisa memberikan gambaran atau ajakan untuk orang tua ikut serta mengambarkan pemikiran seperti kreatif dan inovatif ,dengan cara tersebut kita  bisa mengarap sebuah daerah dengan memanfaatkan alam,kebudayaan untuk di jadikan tempat destinasi wisata unik dan moderen yang bisa di kelola  sehingga  bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa dengan begitu akan berdampak pada perekonomian daerah dan masyarakat di sekitar lebih baik bukan itu saja daerah atau desa tersebut mungkin bisa di kenal dalam dan luar negeri.

 


              
Sedikit ulasan SDM unggul ,indonesia produktif menurut saya dalam segi kewirausahaan dan pariwisata desa.

#KadinIndonesia




Comments